Monday 12 January 2009

Kapan Bayi Boleh Terbang?






Tak ada permasalahan bayi dan anak yang tak bisa dijawab. Dokter Kiki akan menjawab pertanyaan Anda tentang seputar kesehatan bayi dan anak. Kirim ke editor-9months@halohalo.co.id


T: Kapan Bayi Boleh Terbang?
Orang tua saya tinggal di Makassar dan mereka ingin saya dan cucu pertama me- reka berkunjung dan tinggal selama beberapa hari di sana. Amankah membawa bayi terbang dengan pesawat udara? Di usia berapa bayi boleh terbang?
Ziza - Jakarta

J: Pertanyaan ini sulit di jawab karena belum ada ketentuan pasti usia berapa anak aman terbang dengan pesawat. Bahkan American Academy of Pediatric (AAP) pun belum menentukan batas usia minimal yang aman untuk terbang dengan pesawat. Keadaan yang dikhawatirkan oleh AAP adalah keamanan bayi/anak saat take off, landing atau turbulensi. Beberapa laporan cedera pada anak saat landing, take off atau turbulensi sudah banyak dilaporkan. AAP menyarankan agar bayi/anak < class="fullpost"> sementara ini masih belum ada yang sepakat namun sebaiknya tidak membawa bayi kecil neonates (kurang dari 1 bulan) karena faktor suhu, belum sempurnanya fungsi fisik pada bayi neonatus.

No comments: